Selamat datang , semoga informasi dan layanan yang di berikan dapat memberikan yang terbaik buat anda. Kami mengharapkan partisipasi Anda agar Kami dapat memberikan layanan yang lebih baik lagi, kritik dan saran Anda akan sangat Kami nantikan.

Pengantar

Pengangkutan diartikan sebagai perpindahan barang dan manusia dari tempat asal ke tempat tujuan. Proses pengangkutan merupakan gerakan dari tempat asal , dari mana kegiatan akan dimulai, ke tempat tujuan, kemana kegiatan pengangkutan diakhiri. Dalam hubungan ini terlihat bahwa unsur-unsur pengangkutan meliputi atas:

1. ada muatan yang diangkut

2. tersedia kendaraan sebagai alat angkutnya

3. ada jalanan yang dapat dilalui

4. ada terminal asal dan terminal tujuan

5. sumber daya manusia dan organisasi atau manajemen yang menggerakkan kegiatan transportasi tersebut.

Dilihat dari segi ekonomi, keperluann akan jasa agkutan mengikuti perkembangan kegiatan semua faktor ekonomi. Banyaknya perusahaan angkutan mencerminkan adanya persaiangan yang cukup besar, terutama pada perusahaan truk yang selalu mengalami perang tarif.

Dalam perkerjaan-perkerjaan bagunan sipil yang besar, kadang-kadang juga dituntut masalah penyelesaian yang cepat. Untuk itu diperlukan pertimbangan untuk mempergunakan alat-alat berat yang disesuaikan dengan kondisi perkerjaan yang bersangkutan. Hal ini tidak dapat dihindari lagi, mengingat pemanfaatan tenaga manusia secara manual dengan alat-alat yang konvensional sudah tidak efisien lagi. Pembangunan bangunan-bangunan gedung, jembatan, jalan, bendungan dan lain sebagai merupakan pekerjaan yang besar yang membutuhkan alat-alat berat didalam pelaksanaanya.